Wednesday, July 5, 2017

Jawaban Tugas Mandiri 5.2 PKn Kelas 12 LENGKAP

Image result for hubungan internasional

Disini saya akan membagikan kunci jawaban TUGAS MANDIRI 5.2 PKn KELAS 12. Cekicrot!


Sebelumnya, apasih HUBUNGAN INTERNASIONAL itu?

Hubungan Internasional (HI; sering disebut Studi Internasional (SI), meski keduanya tidak sama) adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran sejumlah negaraorganisasi antarpemerintah (IGO), organisasi nonpemerintah internasional (INGO), organisasi non-pemerintah (NGO), dan perusahaan multinasional (MNC). 
HI merupakan sebuah bidang akademik dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif, karena keduanya berusaha menganalisis dan merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu. 
HI sering dianggap sebagai cabang ilmu politik (khususnya setelah tata nama UNESCO tahun 1988), namun pihak akademisi lebih suka menganggapnya sebagai bidang studi yang interdisipliner. Aspek-aspek hubungan internasional telah dipelajari selama ribuan tahun sejak masa Thucydides, namun baru pada awal abad ke-20 HI menjadi disiplin yang terpisah dan tetap.

Berbeda dengan ilmu politik, HI menggunakan berbagai bidang ilmu seperti ekonomisejarahhukum internasionalfilsafatgeografikerja sosialsosiologiantropologikriminologipsikologistudi gender, dan ilmu budaya/kulturologi
HI mencakup rentang isu yang luas, termasuk globalisasikedaulatan negarakeamanan internasionalkelestarian lingkunganproliferasi nuklirnasionalismepembangunan ekonomikeuangan globalterorismekejahatan terorganisasikeamanan manusiaintervensionisme asing, dan hak asasi manusia.

No.
Bidang
Manfaat Hubungan Internasional
1.
Ideologi
Mengukuhkan ideologi NKRI yaitu Pancasila dan memperkuat dasar-dasar ideology pada masyarakat, bangsa, serta Negara.
2.
Politik
Meningkatkan kerja sama bilateral, regional dan multilateral serta mempererat hubungan persahabatan antar Negara.
3.
Ekonomi
Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia
4.
Sosial Budaya
Terbentuknya suatu masyarakat yang adil dan makmur secara material dan spriritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
5.
Pertahanan dan Keamanan
Membentuk suatu pertahanan yang kuat di daerah perbatasan karena dengan hubungan internasional dapat bertukar pikiran mengenai system hankam yang baik.



Terimakasih telah mengunjungi artikel ini, jangan lupa untuk komen dan kunjungi artikel lainnya!

BACA JUGA

Penjelasan dan Jenis Daur Biogeokimia Lengkap


EmoticonEmoticon