Wednesday, July 5, 2017

Jawaban TUGAS MANDIRI 5.1 PKn KELAS 12 LENGKAP


Sekarang kita bakal bahas BAB 5 PKn Kelas 12 yaitu tentang Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional tepatnya kita akan bahas TUGAS MANDIRI 5.1 PKn KELAS 12. So cekicrottt!

Sebelumnya, apasih HUBUNGAN INTERNASIONAL itu?

Hubungan Internasional (HI; sering disebut Studi Internasional (SI), meski keduanya tidak sama) adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran sejumlah negaraorganisasi antarpemerintah (IGO), organisasi nonpemerintah internasional (INGO), organisasi non-pemerintah (NGO), dan perusahaan multinasional (MNC). 
HI merupakan sebuah bidang akademik dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif, karena keduanya berusaha menganalisis dan merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu. 
HI sering dianggap sebagai cabang ilmu politik (khususnya setelah tata nama UNESCO tahun 1988), namun pihak akademisi lebih suka menganggapnya sebagai bidang studi yang interdisipliner. Aspek-aspek hubungan internasional telah dipelajari selama ribuan tahun sejak masa Thucydides, namun baru pada awal abad ke-20 HI menjadi disiplin yang terpisah dan tetap.

Berbeda dengan ilmu politik, HI menggunakan berbagai bidang ilmu seperti ekonomisejarahhukum internasionalfilsafatgeografikerja sosialsosiologiantropologikriminologipsikologistudi gender, dan ilmu budaya/kulturologi

HI mencakup rentang isu yang luas, termasuk globalisasikedaulatan negarakeamanan internasionalkelestarian lingkunganproliferasi nuklirnasionalismepembangunan ekonomikeuangan globalterorismekejahatan terorganisasikeamanan manusiaintervensionisme asing, dan hak asasi manusia.

No
Nama Ahli
Konsep yang Dikemukakan tentang Hubungan Internasional
1
Kenneth W.Thompson
Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas amtar bangsa beserta kondisi-kondisi dan institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk rivalitas tersebut.
2
Drs.R Soeprapto
Hubungan internasional studi yang orientasinya bersifat efektif (orientasi pasca perilaku ) yang sering mengkombinasikan unsur-unsur pendekatan ilmiah dengan tujuan yang jelasnilainya seperti mensubtitusikan perang dengan metode-metode perdamaian untuk menyelesaikan pertikaian, pengendalian penduduk, perlindungan terhadap lingkungan, pemberantasan penyakit, kemelaratan manusia.
3
Warsito Sunaryo
Hubungan Internasional adalah studi atau pembelajaran tentang interaksi antar jenis kesatuan – kesatuan sosial tertentu. Kesatuan sosial tertentu yang dimaksud disini adalah kesatuan-kesatuan sosial tertentu yang diartikan seperti Negara, bangsa, maupun organisasi Negara sepanjang bersifat Internasional.

2. Dari definisi definisi tentang hubungan internasional tersebut, rumusan siapakah yang paling relevan dengan konteks hubungan internasional yang dijalin oleh bangsa Indonesia? Berikan alasannya.

Jawaban : Menurut saya, dari ketiga definisi tentang hubungan internasional diatas rumusan yang paling relevan dengan konteks hubungan internasional yang dijalin oleh bangsa Indonesia adalah Warsito Sunaryo karena hubungan internasional merupakan interaksi yang mana interaksi itu adalah suatu hubungan. Sedangkan saya karena definisi yang di paparkan oleh Warsito jauh lebih luas dibanding dengan definisi para ahli yang lainnya.


3. Rumuskanlah definisi hubungan internasional menurut pendapat sendiri.

Jawaban : Menurut saya, hubungan internasional adalah suatu interaksi serta studi antar Negara yang saling berhubungan, dalam berbagai bidang, baik ekonomi, politik maupun yang lain serta kesatuan sosial Negara yang bersifat internasional.


Terimakasih telah mengunjungi artikel ini, jangan lupa untuk komen dan kunjungi artikel lainnya!

BACA JUGA

Jawaban Tugas Mandiri 2.3 PKn Kelas 12


EmoticonEmoticon