Sunday, July 9, 2017

Pasar Valuta Asing, Devisa, Perbedaan dan Penjelasannya LENGKAP




Pasar valuta asing (bahasa Inggrisforeign exchange market, forex) atau disingkat valas merupakan suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uangsuatu negara terhadap mata uang negara lainnya (pasangan mata uang/pair) yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.
Pergerakan pasar valuta asing berputar mulai dari pasar Selandia Baru dan Australia yang berlangsung pukul 05.00–14.00 WIB, terus ke pasar Asia yaitu JepangSingapura, dan Hongkong yang berlangsung pukul 07.00–16.00 WIB, ke pasar Eropa yaitu Jerman dan Inggris yang berlangsung pukul 13.00–22.00 WIB, sampai ke pasar Amerika Serikat yang berlangsung pukul 20.30–10.30 WIB. Dalam perkembangan sejarahnya, bank sentral milik negara-negara dengan cadangan mata uang asing yang terbesar sekalipun dapat dikalahkan oleh kekuatan pasar valuta asing yang bebas.
Menurut survei BIS (Bank International for Settlement, bank sentral dunia), yang dilakukan pada akhir tahun 2004, nilai transaksi pasar valuta asing mencapai lebih dari USD$1,4 triliun per harinya.

Mengingat tingkat likuiditas dan percepatan pergerakan harga yang tinggi tersebut, valuta asing juga telah menjadi alternatif yang paling populer karena ROI (return on investmentatau tingkat pengembalian investasi) serta laba yang akan didapat bisa melebihi rata-rata perdagangan pada umumnya. Akibat pergerakan yang cepat tersebut, maka pasar valuta asing juga memiliki risiko yang sangat tinggi.


Fungsi Pasar Valuta Asing

1. Untuk mempermudah pertukaran mata uang asing serta mempermudah pemindahan dana antar negara
Tak bisa dibayangkan apabila seluruh negara yang mata uangnya berbeda beda tanpa adanya pasar valuta asing kan ? Oleh karena itu, dengan adanya pasar valuta asing menjadi jembatan antar mata uang negara-negara, terutama dengan mata uang internasional seperti US Dollar, Euro, Pounds, Yen, dan Yuan


2. Membatasi Resiko

Pasar Valuta Asing tentunya memiliki standar dalam menentukan harga masing-masing mata uang, sehingga hal ini dapat mengurangi resiko perubahan harga mata uang yang terlalu drastis.


3. Untuk melakukan spekulasi

Pergerakan nilai mata uang yang naik turun, hal ini dapat dimanfaatkan untuk spekulasi agar mendapat keuntungan. Oleh karena itu pasar valuta asing memberikan fasilitas dan kemudahan untuk melakukannya.


4. Mempermudah kredit

Dengan adanya pasar valuta asing mempermudah transaksi jual beli dengan cara kredit.



Eitt.. Namun valuta asing dan devisa itu berbeda loh. Masa sih bang? Terus bedanya dimana? Okehhh cekidott

1. Devisa : Semua benda termasuk valuta asing yang diterima internasional, sedangkan valas hanya mata uang

2. Devisa : valuta asing yang telah memiliki catatan kurs resmi di bank sentral atau bank Indonesia, sedangkan valas tidak harus memiliki catatan kurs resmi di bank sentral atau bank indonesia


Nah terus devisa itu apa aja bang? Cekidot!


1. Valuta Asing
Mata uang asing yang dapat diterima di seluruh dunia dan juga dapat diperjualbelikan

2. Emas
Seluruh negara menerima emas sebagai alat transaksi dalam bentuk batangan. Emas digunakan karena nilainya yang relatif stabil dan dapat mengatasi inflasi global.

3. Surat berharga
Surat berharga ialah segala surat yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dijadika alat pembayaran antar negara :
A. Special Drawing Rights (SDR)
SDR itu hak yang diberikan IMF kepada negara anggotanya yang berujuan membantu negara anggota yang sedang mendapat kesuitan pada pembayaran internasional

B. Cable Order (Telegraphic Transfer)
Cable Order itu cek yang dapat dijadikan alat jual beli, cek ini dikirimkan lewat telegram / radiogram dari bank antar negara

C. Wesel
Wesel itu surat yang memberikan mandat kepada bank untuk membayar uang kepada nasabahnya / seseorang.

D. Traveler Cheque (TC)
Cek perjalanan merukan surat berharga yang dikeluarkan lembaga keuangan sepeti bank. Cek perjalanan berfungs layaknya uang tunai. Cek ini hanya bisa diberikan kepada orang yang menandatangani cek tersebut, sehingga keamanan inilah menjadi salah satu kelebihannya. Cek perjalanan lazim digunakan oleh para turin atau pelancong.


Yap sekian artikel kali ini, jangan lupa untuk komen dan kunjungi artikel lainnya!


BACA JUGA

Penjelasan, Jenis, dan Contoh Majas Lengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Cerpen JURU MASAK


EmoticonEmoticon