Friday, February 3, 2017

Kunci Jawaban Tabel 3.1 Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 PPKn Kelas 7

Image result for sidang

Kunci Jawaban Tabel 3.1 Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 PPKn Kelas 7 – Peraturan adalah suatu aturan yang terdapat pada suatu system masyarakat. Norma ini adalah salah satu materi yang harus kita pelajari pada kelas 7 ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan Kunci Jawaban Tabel 3.1 Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 PPKn Kelas 7, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua!

No.
Aspek Informasi
Uraian
1.
Pembahasan sidang tanggal 13 Juli 1945
panitia perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. yang kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno pada hari berikutnya, dimana Soekrano membacakan hasil rapat sebelumnya dalam forum BPUPKI. ada tiga poin yang disebutkan Soekarno kala itu, yakni pernyataan indonesia merdeka, pembukaan UUD, dan batang tubuh UUD.
2.
Pembahasan sidang tanggal 14 Juli 1945
sidang pleno BPUPKI menerima laporan panitia Perancang Undang-Undang Dasar, yang dibacakan oleh ketua panitianya sendiri, Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut membahas mengenai rancangan Undang-Undang Dasar yang di dalamnya tercantum tiga masalah pokok yaitu :
1.      Pernyataan tentang Indonesia Merdeka
2.      Pembukaan Undang-Undang Dasar
3.      Batang tubuh Undang-Undang Dasar yang kemudian dinamakan sebagai "Undang-Undang Dasar 1945", yang isinya meliputi :
·         Wilayah negara Indonesia adalah sama dengan bekas wilayah Hindia Belanda dahulu, ditambah dengan Malaya, Borneo Utara (sekarang adalah wilayah Sabahdan wilayah Serawak di negara Malaysia, serta wilayah negara Brunei Darussalam), Papua, Timor-Portugis (sekarang adalah wilayah negara Timor Leste), dan pulau-pulau di sekitarnya,
·         Bentuk negara Indonesia adalah Negara Kesatuan,
·         Bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik,
·         Bendera nasional Indonesia adalah Sang Saka Merah Putih,
·         Bahasa nasional Indonesia adalah Bahasa Indonesia.
3.
Pembahasan sidang tanggal 15 Juli 1945
sidang pada tanggal 15 Juli 1945 melanjutkan acara “Pembahasan Rancangan Undang- Undang Dasar”. Setelah Ketua Perancang Undang-Undang Dasar, Soekarno memberikan penjelasan naskah yang dihasilkan dan mendapatkan tanggapan dari Moh. Hatta, lebih lanjut Soepomo, sebagai Panitia Kecil Perancang Undang-
Undang Dasar, diberi kesempatan untuk memberikan penjelasan terhadap naskah Undang-Undang Dasar
4.
Pembahasan sidang tanggal 16 Juli 1945
Penerimaan naskah Rancangan Undang-Undang Dasar

Nah semoga teman-teman semua dapat memahami materi tentang Peraturan, dan semoga teman-teman dapat terbantu dengan artikel ini. Terimakasih dan jangan lupa untuk komen dan mengunjungi artikel lainnya!












EmoticonEmoticon