Thursday, January 24, 2019

6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017 DAN PENJELASAN JURUSAN TERSEBUT

6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017 DAN PENJELASAN JURUSAN TERSEBUT

Di post ini, gw bakal membantu para pejuang angkatan 2018 dan pejuang Perguruan Tinggi angkatan berapapun hehe, yap.. gw bakalan bahas tentang 6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017 DAN PENJELASAN JURUSAN TERSEBUT.

Untuk kalian para pejuang PTN-PTS, mungkin sampai saat ini kalian masih bingung menjawab beberapa pertanyaan berikut:

          MAU KULIAH DIMANA SIH?

          SEBENERNYA, CITA-CITA GW APA SIH?

          GW MAU JADI APA YA ABIS INI

Yap, itu rangkuman beberapa pertanyaan yang gw pun sama dulu, pas menjelang jalur-jalur penerimaan universitas dibuka, gw juga bingung dan panik mau masuk mana, mau jadi apa. Dan mungkin agan-agan yang sudah kuliah sekarang, sudah bekerja, atau sudah halal... eh maksud gw sudah berumah tangga hehe pasti juga sempet bingung buat jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas kan?

Jadi sebelum hasil SBMPTN 2017 kemaren diumumkan, sempet beredar jarkom hasil semacam konferensi pers mengenai SBMPTN 2017 tersebut. Dan dari jarkom itu juga, diumumkan beberapa jurusan dengan peminat tertinggi pada SBMPTN 2017. Nah, disini gw bakal bantu ngasih tau dan bantu njelasin dan ngulik-ngulik cantik sedikit banyak mengenai jurusan-jurusan tersebut.

Buat spoiler isi post kali ini, gw kasih salah satu diantaranya nih.

TEKNIK INFORMATIKA // SAINTEK

Mungkin beberapa dari kalian udah gak asing lagi dengan nama TEKNIK INFORMATIKA kan? 
Tau gak sih kalo TEKNIK INFORMATIKA itu menduduki peringkat 7 pada jurusan paling diminati di SBMPTN 2017? Mantab kan.


Jadi jurusan teknik informatika itu merupakan suatu jurusan yang berada di Fakultas Teknik. Teknik Informatika sendiri merupakan jurusan yang membahas tentang masalah transformasi, pengolahan data dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika.

Seiring berkembangnya zaman, tentu teknologi tidak akan luput dari kebutuhan utama kita disamping sandang, pangan, papan, dan iman tentunya. Karena perkembangan tersebut, studi mengenai Teknik Informatika pun makin diperlukan.

Di jurusan ini, kita memelajari berbagai hal mengenai informatika, seperti Algoritma, Programming, Software Engineering, Database Technology, Applied Network, dan lain-lain.

Peluang Kerja di jurusan ini sangat beragam, diantaranya adalah Programmer, System Analyst, Web Engineer, IT Consultant, dan lain-lain masih banyak lagi gan.

PTN yang Saya Rekomendasikan diantaranya ada ITB, UGM, ITS, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro.

Gimana gan? Itu baru salah satu contoh, yap daripada kelamaan, sekarang kita langsung aja meluncur membahas tentang 6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017 DAN PENJELASAN JURUSAN TERSEBUT. SO CEKIDOT!!!

6.) ILMU KOMUNIKASI // SOSHUM



Ilmu Komunikasi menduduki peringkat 6 dari 6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017.

Prodi Ilmu Komunikasi ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai sarana komunikasi terhadap masyarakat.

Biasanya prodi ini terbagi menjadi 3 konsentrasi yaitu Jurnalistik, Public Relations, dan Manajemen Komunikasi.

Beberapa yang akan kamu pelajari jika kamu masuk prodi Ilmu Komunikasi ini yaitu Komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa.

Peluang Kerja di jurusan ini begitu banyak, diantaranya yaitu Jurnalis, Bagian Kreatif baik di stasiun televisi maupun di media cetak, Penyiar, Copywriter, Humas di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta, periklanan dan masih banyak lagi.

PTN yang Saya Rekomendasikan diantaranya ada Unpad, UGM, UI, UNAIR, UNSOED, dan UNS.

5.) TEKNIK SIPIL // SAINTEK



Yap pada urutan kelima dari 6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017 diduduki oleh prodi Teknik Sipil dari Fakultas Teknik tentunya.

Teknik Sipil ini merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya pada gedung dan infrastruktur, melainkan juga pada lingkungan sebagai penyeimbang bangunan-bangunan yang berdiri kokoh di bumi ini.

Jika kamu nantinya memasuki prodi ini, kamu akan mempelajari Matematika Teknik, Fisika Teknik, Kimia Teknik, Biologi, Geologi, Ilmu Lingkungan, hingga Komputer.

Seiring berkembangnya zaman pula, pembangunan diseluruh sektor diseluruh negara akan terus-menerus dilakukan. Juga di Indonesia, sekarang ini sedang digiatkan pembangunan baik gedung, jalan raya, jembatan, dan lain-lain yang tentunya akan membutuhkan seorang lulusan Teknik Sipil ini gan.

Peluang Kerja di jurusan ini sungguh amat menjanjikan diantaranya adalah kontraktor bangunan, sebagai pegawai instansi pemerintahan seperti Kementrian PU, Bappenas, Bappeda, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat, dan masih banyak lagi gan.

PTN yang Saya Rekomendasikan diantaranya ada ITB, ITS, UGM, Undip, Unibraw, USU, dan Unand.

4.) PENDIDIKAN DOKTER // SAINTEK



Nah kalo yang satu ini, bisa dibilang impian hampir semua anak Indonesia gan, hehe. Iya gak? Bahkan gw aja sampe kelas 10 masih pengen jadi dokter hehe.

Alasan mau masuk jurusan Pendidikan Dokter ini sangat beragam gan, mulai dari cita-cita dari kecil, ingin mengabdikan diri menjadi dokter, ingin membahagiakan orang tua, bahkan juga ada yang karena gengsi jadi masuk jurusan Pendidikan Dokter ini loh gan.

Tapi sebelum kalian lebih memusatkan keinginan kalian untuk masuk prodi ini, gw bakal kasih tau kalian apa aja sih yang bakal kalian pelajarin kalo seandainya kalian berhasil masuk ke prodi Pendidikan Dokter ini.

Ilmu Kedokteran atau Pendidikan Dokter ini merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara mendiagnosis atau menyimpulkan kondisi kesehatan atau penyakit yang dialami seseorang dan mengobati maupun mencegah timbulnya kembali penyakit atau kondisi buruk tersebut.

          Gimana gan bacanya? Kerasa simpel ya? Tapi ga sesimpel itu gan! Coba terusin baca nih

Di Pendidikan Dokter ini, kalian akan mempelajari tentang biokimia, anatomi, biologi sel dan molekuler, fisiologi, genetika, mikrobiologi, farkamkologi, ilmu beda, obsetri, dan lain-lain masih banyak lagi gan!

          Hayoloh gimana? hehehe

Tentunya untuk masuk prodi Pendidikan Dokter ini tidak hanya memerlukan otak pintar gan, namun juga pastinya dibutuhkan niat dan tekad yang kuat serta bulat untuk menjadi seorang dokter gan, dan tentunya juga keikhlasan.

INGAT menjadi dokter itu berarti kalian telah mendedikasikan hidup kalian untuk menolong hidup orang lain gan, pokoknya jangan sampai kalian ada mindset "wah enak nih jadi dokter, duitnya banyak" . Walaupun mungkin emang gitu kenyataannya, tapi kalian harus tetap menjadikan pengabdian sebagai tujuan utama kalian menjadi dokter gan!

Peluang Kerja dari jurusan ini tentunya jadi dokter gan, hehe.

PTN yang Saya Rekomendasikan diantaranya ada UI, UGM, UNS, Unpad, Undip, Unila, Unibraw, dan Unair.

3.) ILMU HUKUM // SOSHUM



Peringkat ketiga dari 6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017 ditempati oleh jurusan ILMU HUKUM gan.

Ilmu Hukum biasanya memiliki fakultasnya sendiri gan yaitu Fakultas Hukum. Di prodi ini, kalian bakal mempelajari banyak hal mengenai seluk beluk hukum, mulai dari undang-undang dasar, undang-undang sampai ke hal-hal seperti kenotariatan, dan lain-lain gan.

Peminatan di prodi ini biasanya terdiri atas perdata, pidana, hukum lingkungan, hukum ekonomi, hukum administrasi negara, dan masih banyak lagi.

Peluang Kerja di prodi ini diantaranya yaitu pengacara, notaris, hakim, jaksa, konsultan hukum, dan masih banyak lagi yang lain gan.

PTN yang Saya Rekomendasikan diantaranya ada UI, Unpad, UGM, Undip, Unsoed, dan UNS.

2.) AKUNTANSI // SOSHUM



Yang menduduki peringkat kedua dari 6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017 yaitu jurusan AKUNTANSI, yap memang sudah menjadi rahasia umum bahwa prodi AKUNTANSI ini memang memiliki banyak sekali peminat pada setiap tahunnya.

Jika kalian berhasil memasuki prodi ini, maka kalian bakalan mempelajari tentang apa yang namanya Jurnal Umum, Laporan Laba Rugi, Buku Besar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Prodi AKUNTANSI ini sendiri terdiri atas Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, serta Akuntansi Sektor Publik dan Ekonomi Perusahaan.

Peluang Kerja di prodi ini diantaranya yaitu Akuntan Publik, Akuntan Pajak, Auditor, Konsultan Keuangan, dan juga dapat bekerja sebagai pegawai negeri di Bappenas, Kemenkeu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 PTN yang Saya Rekomendasikan diantaranya ada UI, UGM, Unpad, Undip, UNS, Unsoed, dan Unair.

1.) MANAJEMEN // SOSHUM



Yapp, prodi dengan peminat terbanyak pada SBMPTN tahun 2017 diraih oleh MANAJEMEN yang berada di rumpun SOSHUM.

Seiring perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan semakin banyak, dan pastinya setiap perusahaan membutuhkan LULUSAN MANAJEMEN.

Karena setiap hal di dunia ini memerlukan manajemen yang baik, seperti manajemen waktu dan manajemen diri. Namun pada prodi ini kalian akan belajar mengenai manajemen organisasi, manajemen pasar, dan manajemen perusahaan yang bertujuan untuk menuntun organisasi atau perusahaan untuk bergerak bersama-sama mencapai tujuan yang sama.

Konsentrasi di prodi MANAJEMEN ini pun dibagi lagi menjadi Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM dan Organisasi, Manajemen Operasi, Manajemen Keuangan, dan juga Manajemen Umum.

Peluang Kerja yang bisa dicapai oleh lulusan prodi ini sangatlah banyak tentunya. Bisa gw sebutkan diantaranya ialah HRD, Manajer, Konsultan Perusahaan, dan dapat bekerja di instansi pemerintah seperti Bappenas, Kemenkeu, Kemenperindag, Bappeda, Kementrian Pertanian, dan Lembaga Penelitian.

PTN yang Saya Rekomendasikan diantaranya ada UI, UGM, Unpad, Undip, UNS, UNY, USU, dan Unibraw.

Nah diatas adalah 6 JURUSAN PALING DIMINATI PADA SBMPTN 2017 DAN PENJELASAN JURUSAN TERSEBUT gan, hehe. Semoga info tersebut diatas berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan agan semua yaa. Kalo ada kalimat atau kata yang kurang tepat ane mohon maaf gan. Sekian dari ane.


SALAM MAMAS GURU!!!!!!


EmoticonEmoticon