Tuesday, February 13, 2018

Sistem Peredaran Darah Kecil dan Besar (Pengertian, Fungsi, dan Penjelasan)



Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Dalam sistem peredaran darah ini melibatkan jantung, darah, dan tentunya pembuluh darah.

Fungsi dari sistem peredaran ini ialah:
1.)  Mengangkut sisa metabolisme serta zat yang harus dibuang ke ginjal untuk disaring dan dibuang racunnya
2.)  Mengatur suhu pada tubuh
3.)  Membantu proses pembekuan darah
4.)  Pelindung tubuh dari serangan bakteri
Sistem peredaran darah manusia terdiri dari sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar. Dimana bedanya? Mari kita simak lebih lanjut di postingan ini~


1.) SISTEM PEREDARAN DARAH KECIL

Sistem ini berawal dari bilik kanan jantung yang memompa darah melewati arteri pulmonal yang memiliki cabang bernama arteriol, pembulih arteriol ini merupakan penghubung antara arteri pulmonal denga pembuluh kapiler pada paru-paru. Darah mengalir melewati pembuluh ini menuju jantung, sesampainya di jantung, jantung akan mengeluarkan karbondoksida dalam bentuk udara dan menghirup kembali udara yang mengandung oksigen. Oksigen yang dihirup oleh paru-paru akan dibawa ke vena pulmonal untuk di alirka ke serambi kiri dan akan menuju bikik kiri dengan melewati katup bikuspid, untuk menjalani kembali sistem peredaran darah besar.


2.) SISTEM PEREDARAN DARAH BESAR

Sistem ini berawal dari bilik kiri jantung yang memompa darah yang mengandung oksigen untuk diberikan pada aorta. Selanjutnya aorta akan mengalirkan darah ke arteri bagian atas dan arteri bagian bawah.
Pada proses ini jantung akan memompa lebih kuat untuk memberi tekanan lebih pada darah, tekanan ini di bantu oleh denyutan otot arteri yang terjadi di sepanjang perjalanan darah pada saluran ini.
Setelah darah melakukan tugasnya mendistribusikan oksigen pada organ-organ di dalam tubuh dengan baik, darah akan memasuki arteriol untuk menuju pambuluh kapiler.
Pada pembuluh kapiler darah yang mengadung oksigen ini akan bertukar dengan darah yang mengandung karbondioksida, selanjutnya darah masuk ke saluran venul dan mengalir pada pembuluh vena.
Vena bagian bawah dan vena bagian atas akan bertemu di vena cava untuk memasuki serambi kanan dan melanjutkan perjalanan menuju bilik kanan dengan melewati katup trikuspid, sedangkan karbon dioksida dari sel menyebar dalam darah. Ini pertukaran gas berlangsung dengan bantuan kapiler kecil yang mengelilingi sel-sel tubuh.


Yap demikian penjelasan mengenai sistem peredaran darah pada artikel kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya!


EmoticonEmoticon