Saturday, July 8, 2017

Bagian Mata dan Fungsinya LENGKAP



Mata adalah organ penglihatan. Mata mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Pada organisme yang lebih tinggi, mata adalah sistem optik kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya, mengatur intensitasnya melalui diafragmamemfokuskan melalui penyesuaikan lensa untuk membentuk sebuah gambar, mengkonversi gambar tersebut menjadi satu himpunan sinyal listrik, dan mentransmisikan sinyal-sinyal ke otak melalui jalur saraf kompleks yang menghubungkan mata melalui saraf optik menuju korteks visual dan area lain dari otak. Mata dengan daya resolusinya memiliki sepuluh bentuk yang berbeda secara fundamental, dan 96% dari spesies hewan memiliki sistem optik yang kompleks. Mata kompleks ini mampu membentuk gambar, seperti pada moluskakordata, dan artropoda.
"Mata" yang paling sederhana, seperti pada mikroorganisme, tidak melakukan apa-apa, namun dapat mendeteksi apakah lingkungan sekitarnya terang atau gelap, yang cukup untuk pengiringarusan ritme sirkadianDari mata yang lebih kompleks, sel ganglion fotosensitif retina mengirim sinyal sepanjang saluran retinohipotalamik menuju inti suprakiasmatik untuk efek penyesuaian sirkadian dan menuju daerah pratektal untuk mengontrol refleks sinar pupilar.

Lalu, apa saja sih bagian dari mata? Cekicrott!

1. Iris Mata - Iris adalah cincin otot yang terdapat di bagian tengah mata, yang membantu dalam mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata dengan mengontrol ukuran pupil.

2. Pupil - Adalah sebuah lubang di tengah iris yang merupakan tempat dimana cahaya melewati dan jatuh pada lensa mata. Ukurannya sendiri dikontrol oleh iris.

3. Kornea - Kornea adalah jaringan transparan di depan mata di mana cahaya yang datang dari sebuah benda masuk ke mata. Hal ini juga membantu dalam memfokuskan cahaya pada retina.

4. Retina - Adalah bagian mata yang bertanggung jawab untuk mengubah cahaya yang jatuh di atasnya menjadi impuls listrik yang nantinya bisa dikirim ke otak. Retina mengandung sel fotoreseptor yang sangat sensitif terhadap cahaya atau disebut batang dan kerucut. Batang disini dapat membantu dalam visi hitam dan putih dan untuk melihat dalam cahaya yang redup, sedangkan kerucut berfungsi untuk membantu penglihatan pada siang hari dan warna.

5. Otot Siliari - Merupakan jaringan berbentuk cincin yang memegang dan mengontrol pergerakan lensa mata, dan karena itu, membantu dalam mengendalikan bentuk lensa.

6. Syaraf Optik - Adalah penerus rangsang cahaya dari retina ke otak. Saraf mata ataupun yang biasa di sebut dengan saraf optik ini memiliki fungsi untuk meneruskan sebuah rangsang cahaya hingga ke otak.

7. Kelopak Mata - Merupakan bagian mata yang membantu dalam perlindungan dan pelumasan mata manusia. Kelopak juga membantu mata untuk mengendalikan jumlah cahaya yang jatuh ke mata manusia.

8. Vitreus Humor - Ialah cairan bening yang mengisi rongga mata. Fungsinya ialah meneruskan cahaya dari lensa ke retina.

9. Lensa Mata - Membantu untuk memfokuskan cahaya di retina. Lensa mata juga bisa mengubah bentuknya sehingga memungkinkan manusia untuk dapat melihat objek yang berjarak dekat dan jauh.

10. Otot Mata - Adalah bagian mata yang bertanggung jawab di bagian atas dan bawah, serta gerakan kiri dan ke kanan mata.

Yapp sekian artikel kali ini, jangan lupa untuk share dan mengunjungi artikel lainnya! Semoga bermanfaat! Terimakasih!


BACA JUGA

Rumus Trigonometri LENGKAP

Sifat Unsur Transisi


EmoticonEmoticon